Media Sosial sebagai Strategi Promosi Destinasi Wisata : Sebuah Studi Literatur

Authors

  • Pandu Pamungkas Universitas Sriwijaya Author

Keywords:

media sosial, promosi wisata, strategi pemasaran, destinasi wisata, tinjauan pustaka

Abstract

Media sosial telah menjadi bagian penting dalam industri pariwisata modern. Dengan kemampuannya dalam menyebarkan informasi secara cepat dan luas, media sosial berperan penting dalam strategi promosi destinasi wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana media sosial dimanfaatkan sebagai alat promosi wisata berdasarkan studi literatur yang ada. Metode yang digunakan adalah tinjauan pustaka dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai penelitian terdahulu mengenai peran media sosial dalam industri pariwisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial dapat meningkatkan visibilitas destinasi wisata, membangun citra positif, serta memengaruhi keputusan wisatawan dalam memilih tujuan perjalanan. Namun, tantangan seperti pengelolaan citra dan penyebaran informasi yang tidak akurat tetap menjadi hambatan dalam pemanfaatannya. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat dalam mengelola promosi wisata berbasis media sosial agar dapat memberikan dampak yang optimal bagi industri pariwisata

References

Dewi, K., Angligan, I. G. K. H., & Mahardika, I. M. N. O. (2023). Strategi Meningkatkan Peran Media Sosial Dalam Membranding Destinasi Wisata Sebagai Media Pemasaran. Waisya : Jurnal Ekonomi Hindu, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.53977/jw.v2i1.923

Jayanti, E. W., Wahyu, J., & Prawiro, H. (2024). Analisis Peran Media Sosial Terhadap Wisata Di Agrowisata Gunung Mas Bogor. 1, 1–15.

Kotler, P. dan K. L. K. (2016). Marketing Management, 15th edition. Pearson Education.

Marta, R., & Haviri, I. (2019). PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA SUMATERA BARAT pada humas pemerintah khususnya Sumatera Barat . Pemilihan humas provinsi sumatera Barat tampuk utama dalam pemerintahan seharusnya menjadi contoh , panutan bagi humas. Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 3, 102–112.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Novilia, B. L., & Gustaman, F. A. (2024). Peran Media Sosial Sebagai Media Interaksi Dan Pengembangan Wisata Budaya Lokananta Di Kota Surakarta. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 18(2), 172. https://doi.org/10.47256/kji.v18i2.533

Setiawati, R., & Pritalia, G. L. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Sektor Pariwisata. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 278–285. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i2.7255

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tholibin, I., Adisaputro, S. E., Pangeran, U., & Nganjuk, D. (2024). Analisis Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Branding Wisata Jolotundo Glamping And Edu Park Nganjuk. 5(1), 199–209.

Tranfield, D., Denyer, D., & Smart, P. (2003). Towards a Methodology for Developing Evidence‐Informed Management Knowledge by Means of Systematic Review. British Journal of Management.

Yanti, D., Ramadhan, I., Yunita, D., & Lubis, M. R. (2024). Peran Media Sosial Dalam Mempromosikan Pariwisata Di Desa Perkebunan Bukit Lawang. Jurnal Pariwisata, 11(1), 1–13. https://doi.org/10.31294/par.v11i1.21228

Yanti, N., Dewi, S., Agustina, A., Hidayanti, N. F., & Ariani, Z. (2024). Peran Media Sosial dalam Membentuk Tren Pariwisata Kuliner : Studi Kasus Food Blogger dan Influencer. 4, 96–107.

Yoeti, O. A. (2008). Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Pradnya Paramita.

Downloads

Published

01-04-2025

How to Cite

Pamungkas, P. (2025). Media Sosial sebagai Strategi Promosi Destinasi Wisata : Sebuah Studi Literatur. JKBN: Jurnal Kepariwisataan & Budaya Nusantara, 1(1), 16-26. https://jkbn.co.id/index.php/jkbn/article/view/12